Thursday 21 May 2015

Tips Mengatasi Komputer atau Laptop Yang Lambat

Cara Mengatasi Komputer atau Laptop Yang Lambat dan Lemot – Menggunakan komputer yang kinerjanya lambat atau lemot tentu menjengkelkan, apalagi, jika hal itu sudah sampai mempengaruhi produktifitas sobat. Jika sudah demikian, maka sebaiknya sobat segera melakukan penanganan untuk mengatasi komputer yang lemot tersebut. Sebenarnya, untuk mengatasi komputer yang lemot, yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan perawatan berkala dan melakukan sejumlah langkah tune up sederhana. Jika memang dibutuhkan, maka langkah menginstall ulang windows atau upgrade komponen hardware dapat menjadi solusi yang tepat supaya kinerja komputer tetap maksimal. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengatasi komputer atau laptop yang lambat/lemot.

Beberapa sebab komputer lambat dan lemot :

  1. Komputer lemot karena minim memori. Komputer yang lambat mungki disebabkan oeh RAM yang minim. Untuk itu coba periksa kapasitas memori yang terpasang, untuk komputer seperti Intel Pentium 4 dengan OS Windows XP serta aplikasi standar lebih baik upgrade memorinya menjadi setidaknya 1 GB.
  2. Komputer lemot karena terlalu banyak terinstal program. Terlalu banyak meginstal program akan mempengaruhi kinerja koputer. Sebaiknya periksa program apa saja yangdirasa penting dan mana yang tidak penting, yang tidak terlalu digunakan, sebaiknya dihapus saja. klik Add/Remove Program di Control Panel kemudian uninstall program windows yang hanya menjadi accesories itu.
  3. Komputer lambat karena terlalu banyak startup programs serta service yang berjalan. Semakin banyak program terinstall, maka semakin banyak juga program serta service yang dijalankan saat windows startup. Untuk menonaktifkan startup program serta service yang berjalan otomatis itu, masuk ke System Configuration Utility dengan cara mengetikan : msconfig di menu run, selanjutnya pada tab service serta startup lakukanlah uncheck pada pogram yang tidak penting.
  4. Komputr lemot karena Temporary file rusak. Komputer lambat yang dapat disebabkan karena membengkaknya file-file temporary (sementara). Pad Windows Xp lokasi file seperti tu ada di C:Documents and Settingsnama_userLocal SettingsTemp dan C:WINDOWSTemp.  Untuk membersihkan, hapus file-file yang ada pada kedua lokasi itu atau jalankan program Disk CleanUp dengan cara mengklik start-run, lalu ketik: cleanmgr kemudian pilih drive mana yang akan di cleanup.
  5. Komputer lemot karena terlalu banyak program yang bertugas sebagai security program. Security program adalah program antivirus dan firewall yang merupakan aplikasi tambahan yang harus ada di komputer, namun jangan berlebihan misal dengan menginstall 2 hingga 3 program antivirus sekaligus. Untuk masalah security windows, yang paling penting ialah melakukan update, aktifkan firewall serta pakai antivirus yang tidak akan terlalu membebani kinerja komputer seperti PCMAV Antivirus. Selain itu, hati-hati saat menggunakan USB Flashdisk yang terkena virus atau Memory Card.
  6. Komputer lemot karena terdapat masalah pada hardisk. Hardisk adalah komponen kedua setelah RAM yang dapat menjadi penyebab komputer menjadi lemot.

Masalah Komputer lemot yang disebabkan karena hardisk antara lain seperti :

  • hardisk low space
  • hardisk telah terfragmentasi
  • hardisk sudah usang, sehingga rpm-nya menurun
  • hardisk error atau bad sector

Adapun Cara untuk mengatasi hardisk lambat atau lemot :

  • upgrade kapasitas hardisk dengan cara menambah atau mengganti hardisk
  • lakukan defragmenter hardisk dengan berkala
  • jauhkan hardisk dari debu, goncangan, benturan serta panas yang berlebih.
Demikianlah Cara Mengatasi Komputer atau Laptop Yang Lambat dan Lemot yang Informasi Ko mputer berikan, semoga bermanfaat bagi teman setia.

No comments:

Post a Comment